Pentingnya Memilih Pertemanan

sumber : pinterest

Manusia itu adalah mahluk sosial, butuh orang lain untuk sekedar berinteraksi dan berbagi, tentunya dengan cara bergaul dan memiliki teman. Ets... dalam berteman pula kalian tidak boleh sembarangan loh, jangan sampai kalian masuk ke dalam toxic friendships. 

Pasti dari kalian pernah mendengar kata-kata seperti ini "kalau berteman jangan pilih-pilih, bertemanlah dengan siapapun." 

Hmm, kata-kata itu terdengar ada benarnya juga sih namun kerap kali sering disalah artikan oleh sebagian orang. Mungkin maksud dari kata-kata itu ialah kita jangan pilih-pilih pertemanan dengan memandang kasta, ras, agama atau apapun yang bisa memecah belahkan kesatuan. Bukan berarti kita boleh berteman dengan orang yang mengajak kepada keburukan, jika sudah begitu rasanya sah saja jika memilih teman untuk diajak bergaul.

Sobat, perlu kalian ingat pergaulan yang kalian pilih sekarang nantinya akan menentukan masa depan kalian. Bagaimana nantinya kalian memandang dunia itu tergantung kepada siapa kalian bertanya dan bertukar pikiran dengannya. 

Dalam siklus pertemanan kamu akan mengalami masa surut dan pasang. Apakah kamu menyadari bahwa semakin bertambah usia, kamu akan semakin dihadapkan dengan yang dinamakan "teman sejati". 

Kamu akan tahu siapa yang masih setia menemanimu dalam keadaan apapun terlebih lagi dalam keadaanmu yang sedang di bawah, maka dari itu pentingnya memilih sebuah pertemanan yang bisa merubahmu untuk bangkit dan lebih baik lagi. 

Untuk memastikan pertemanan yang kalian jalani itu sehat, ada beberapa ciri-ciri yang termasuk kedalam pergaulan yang dapat kalian jadikan sebagai acuan dalam berteman, diantaranya adalah.

1. Saling Menghargai
Tentunya dalam pergaulan yang sehat kita harus memiliki teman yang bisa saling menghargai. Mereka yang cenderung memiliki sifat seperti ini tau tentang batasan dalam pertemanan, tidak memaksakan kehendak apa yang tidak kamu ingin kamu lakukan. Yang paling terpenting adalah mereka bisa menghargai dan menjaga privasi kamu loh.

2. Menjadi Support System 
sumber : pinterest
Siapa sih yang tidak ingin berteman dengan orang yang selalu mendukung apa yang kita lakukan? Tentunya kawan-kawan semua pasti menginginkan teman seperti itukan. Nah, dalam memilih pertemanan juga kita harus memilih orang yang tepat dan bisa menjadi support system bagi kalian. 

Di kala suatu saat nanti kita terjatuh, akan ada mereka yang senang mengulurkan tangannya untuk membantu kita. Selalu menjadi garda terdepan di saat kita butuh bantuan. Bukan menjadi teman yang hanya bisa menantikan hasilnya saja, tapi juga turut menemani prosesnya. Carilah teman yang bisa menjadi support system terbaik untuk kita, sehingga kita tidak akan merasa sendirian dan lelah untuk berproses.

3. Selalu Mengingatkan 
Selain bergaul dengan teman yang bisa menjadi support system, kita juga harus bisa bergaul dengan teman yang senantiasa selalu mengingatkan kita. Baik itu mengingatkan kita akan suatu kewajiban atau mengingatkan ketika kita untuk tidak terjerumus ke dalam hal yang berakibat buruk, yang jelas mereka yang selalu mengingatkan kita untuk berbuat kebaikan. 

Bukan hanya sekedar mengingatkan, mereka juga harus berani menegur dan memberitahu jika kita berbuat suatu kesalahan supaya tidak terulang kesalahan yang sama lagi. 

4. Saling Jujur dan Percaya Adalah Hal Utama
Kunci utama dalam menjalani pertemanan itu adalah saling jujur dan saling percaya. Memangnya kalian mau bergaul dengan lingkaran pertemanan yang selalu berbohong? Yang senang berbicara tidak sesuai faktanya? Tentunya tidak kan.

Memiliki teman yang selalu berkata jujur akan membuat kita ikut melakukan hal yang sama, secara tidak langsung ini mencerminkan bagaimana suatu pertemanan itu sangat berpengaruh terhadap kehidupan. Tidak hanya saling jujur, namun saling percaya juga sangat dibutuhkan. Karena percuma saja jika saling jujur namun tidak bisa saling percaya, itu akan terdengar seperti omongan yang dikeluarkan hanya sebuah dongeng saja. 

5. Memiliki Komunikasi Berkualitas
Kualitas seseorang bisa dinilai dengan cara dia berbicara. Jangan mencari pertemanan sengan orang yang bahkan tidak tau etika dalam berbicara sama sekali, apalagi dengan orang yang menggunjing orang lain. Bisa memungkinkan bukan bahwa kamu juga akan digunjingi suatu nanti. 

Carilah pertemanan yang berkualitas, yang selalu membicarakan hal positif untuk diajak bertukar pikiran bukan bertukar gosipan. Dan cari juga yang memiliki tutur kata dan bahasa yang baik. 

       Sekecil apapun suatu pertemanan pasti akan berkibat besar untuk kehidupan, ntah mulai dari gaya hidup atau kebiasaan. Maka dari itu harus pintar-pintar mencari sebuah pertemanan yang sama-sama punya tujuan untuk berorientasi kan terhadap masa depan.
Sekali-kali kita perlu menjadi pemilih dalam berteman. 


Komentar

Postingan Populer