Mochi - Mochi


Siapa yang masih aneh dengan makanan satu ini sih? Makanan dengan tekstur yang kenyal, manis dengan isian bermacam-macam. Apalagi kalau bukan mochi. Sangat disukai dari berbagai kalangan, baik dari anak kecil sampai dewasa pun masih bisa menikmati makanan ini.

Mochi adalah kue yang berbentu bulat dan terbuat dari tepung ketan.  Mochi ini memiliki berbagai varian isi, mulai dari kacang, selai, es krim, coklat. Makanan ini dapat bertahan disuhu ruangan sampai 2 hari saja. Jika ingin bertahan sampai 2 hari kedepan, pastikan simpan mochi anda kedalam wadah yang kedap udara atau anda bisa menyimpannya di kulkas.

Dikutip dari situs detik.com. mochi bukanlah berasal dari jepang, melainkan mochi merupakan salah satu makanan yang merupakan dari makanan tradisional. Mochi berasal dari daerah, yaitu berasal dari sukabumi, jawa barat. Sangat kebetulan sekali itu merupakan kota kelahiran saya. Memang sangat banyak yang keliru tentang asal-usul mochi ini. 

Mochi juga bisa dijadikan sebagai ladang usaha loh. Maka tidak heran jika banyak yang menjual jajanan yang gemoy dan berisi ini, karena memang keuntungannya yang lumayan. 

Sekarang zaman sudah berkembang, tidak hanya teknologi saja yang mulai maju. Bahkan makanan tradisional pun bisa maju dan berkembang dengan cara memodifikasi makanan tradisional agar bisa bersaing di pasaran internasional.
Tidak hanya isiannya saja yang berubah, tampilan dari mochi pun kini makin bervariasi. 

•Bahan-bahan (menggunakan takaran sendok)
- 7 sdm tepung ketan putih
- 3 sdm gula pasir
- sedikit garam
- 6 sdm susu fullcream
- pewarna makanan
- 3 sdm susu kental manis
-½ sdm mentega 

•Cara pembuatannya
- Campurkan semua bahan-bahan kecuali untuk pewarna makanan dan susu kental manis. 
- Lalu aduk-aduk secara merata sampai semua larut dalam adonan. Setelah itu bagi. adonan pada dua wadah.
-Adonan pertama akan dicampur dengan pewarna makanan, sedangkan untuk wadah ke dua digunakan untuk menambahkan susu kental manis.
- Setelah semua diaduk secara merata, kukus adonan selama 25 menit dengan api yang kecil. Kemudian olesi dengan ½ sdm mentega. 
- Setelah 25 menit dan sudah sedikit menggumpal, makan baluri dengan tepung ketan tadi lagi. Sebelum itu, sangrai terlebih dahulu tepung ketan yang akan digunakan. 
- bentuklah pipih mochi. Isi mochi dengan isian apapun, anda bisa menambahkan kacang ataupun coklat.
- tutup adonan sampai tidak terlihat isiannya, lalu bulatkan lah adonan. Untuk hasil yang maksimal, simpan dikulkas selama 2 sampai 3 jam. 

Lalu mochipun sudah siap untuk dinikmati.
Apakah anda tertarik untuk mencoba membuatnya? Jika tertarik, selamat mencobanya.  

Komentar

Postingan Populer